Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu, Minggu & Hari Besar Tutup
Selamat Datang di Website Toko Online Kami Grosir Sarung Tangan Online Termurah & Terpercaya Selamat Datang di Website Toko Online Kami Grosir Sarung Tangan Online Termurah & Terpercaya Selamat Datang di Website Toko Online Kami Grosir Sarung Tangan Online Termurah & Terpercaya Selamat Datang di Website Toko Online Kami Grosir Sarung Tangan Online Termurah & Terpercaya Selamat Datang di Website Toko Online Kami Grosir Sarung Tangan Online Termurah & Terpercaya
Beranda » Berita Terbaru » Bahan, Tips dan Cara Memilih Sarung Tangan Kerja Berat

Bahan, Tips dan Cara Memilih Sarung Tangan Kerja Berat

Diposting pada 20 February 2020 oleh admin | Dilihat: 151 kali

Salah satu alat pelindung diri seperti sarung tangan kerja berat ini memang sangat diperlukan dalam sebuah pekerjaan, terlebih yang memiliki resiko tinggi. Sebab, tujuannya memang untuk melindungi pekerja dari bahaya kecelakaan kerja di lapangan.

sarung tangan kerja berat

sarung tangan kerja berat

Mengenal Sarung Tangan Kerja Berat

Untuk setiap jenis pekerjaan tentu memiliki tantangan dan resikonya tersendiri. Begitu pula dengan pertambangan, konstruksi dan sejenisnya. Dimana telah diketahui bahwa dampaknya sangat besar, baik itu kesehatan ataupun keselamatan kerja.

Oleh karena itu, diperlukan sebuah “Standar Operasional Prosedur” pada alat pelindung diri. Supaya tiap pekerja mendapatkan hak dan kualitas yang sama untuk mengurangi tingkat kecelakaan kerja. Misalnya saja dengan menggunakan sarung tangan.

Memang benar, sarung tangan kerja berat adalah salah satu alat pelindung diri yang minimal wajib digunakan untuk pekerjaan resiko tinggi. Alat ini dapat melindungi pekerja dari goresan, luka, benda tajam bahkan bahan kimia berbahaya sekalipun, tentu dengan jenis bahan yang berbeda pula.

SOP (Standar Operasional Prosedur) Sarung Tangan

Dalam penggunaan maupun menentukan sarung tangan ini, juga terdapat prosedur yang harus dipatuhi agar tidak terjadi hal-hal kurang diinginkan ketika proyek berlangsung. Terutama bagi laboran, tentu bukan hanya bahannya tetapi kesterilan pemakaian pun harus sangat berhati-hati.

Seperti halnya sarung tangan merk Tiger yang selalu menyediakan dengan bahan tertentu dan berkualitas sehingga sesuai dengan standarnya. Sebab, tidak semua produk memberikan kenyamanan bagi penggunanya dan hanya mementingkan manfaat saja.

Alhasil, sebuah pekerjaan pun menjadi tidak maksimal karena pekerjanya merasa tidak nyaman dan bisa jadi malah menjadi boomerang hingga akhirnya terjadi kecelakaan kerja. Sehingga, sangat penting memperhatikan segala aspek kebutuhan karyawan dalam hal ini.

Poin Penting dalam Memilih Sarung Tangan

Jenis sarung tangan kerja berat yang digunakan pasti akan berbeda untuk pekerjaan biasa. Sehingga, pasti terdapat faktor tertentu guna memastikan ia layak pakai dan aman dalam kondisi tertentu. Maka, di agen sarung tangan merk Kuda, Anda akan mendapatkan alat pelindung diri yang sesuai kebutuhan.

Namun, ada beberapa hal penting tetap harus diperhatikan, seperti:

  1. Sesuai Lokasi Kerja

Tentu lokasi kerja akan memberi pertimbangan besar dalam memilih sebuah alat pelindung diri seperti sarung tangan kerja bangunan. Setiap tempat pasti akan memberikan dampak dan resikonya sendiri. Misalnya saja di area laboratorium, tentu memerlukan kriteria dengan bahan anti kimia.

Berbeda lagi apabila tempat kerja Anda berada di konstruksi atau pertambangan. Maka sarung tangan yang dibutuhkan bisa dengan jenis material lebih tebal dan safety, bahkan anti benda tajam sekalipun, karena di lokasi tersebut memiliki resiko lebih besar juga.

  1. Benda yang Dihadapi

Hal terpenting berikutnya dan perlu diperhatikan adalah benda yang dihadapi, sebab setiap jenisnya akan berbeda pula perlakuan serta cara menghadapi, maka diperlukan sarung tangan khusus dengan material tertentu.

Misalnya saja, seperti pekerjaan yang selalu melibatkan benda tajam, panas, kasar, getaran dan sebagainya. Maka, Anda tidak bisa apabila hanya memakai sarung tangan kain tipis, maka diperlukan mencari bahan lebih tebal dan didesain khusus untuk menghadapi benda tersebut.

sarung tangan kerja berat

sarung tangan kerja berat

Jenis-jenis Bahan Dasar Sarung Tangan

Untuk jenis pekerjaan berat, tentu sarung tangan yang diperlukan akan berbeda dan menggunakan material khusus. Seperti yang dimiliki oleh distributor sarung tangan merk Buldozer, dimana mereka menggunakan bahan-bahan tertentu seperti karet atau sintetis. Berikut ulasannya:

  1. Bahan Sintetis

Sarung tangan dengan bahan sintetis akan berbeda dengan jenis kain ataupun karet tipis. Biasanya, ia akan memiliki daya tahan lebih kuat dan awet dibandingkan lainnya. Komponen Gloves dari jenis ini akan memberikan perlindungan lebih kuat dari bahan-bahan berbahaya.

Misalnya saja, perlindungan dari bahan kimia dan biohazard. Selain itu, ia juga tahan akan benda tajam. Hanya saja kekurangannya adalah, dibuat dari jenis biodegradable, yakni sampah yang tidak dapat diuraikan secara aerob maupun anaerob.

  1. Bahan Karet Alam

Sarung tangan jenis karet ini dibuat dan diambil dari getah pohon karet, kemudian diolah sedemikian rupa. Untuk alat pelindung diri ini dapat digunakan pada jenis pekerjaan yang berhadapan langsung dengan material-material keras, kasar dan sejenisnya.

Selain itu, hampir sama dengan sintetis bahwa kelebihan dari jenis ini lebih aman dan awet dalam jangka panjang. Misalnya saja, seperti yang terdapat pada grosir sarung tangan merk Matahari dimana Anda bisa mendapatkannya dengan harga terjangkau.

  1. Bahan Tekstil

Sarung tangan berbahan tekstil atau kain ini memang paling sering dijumpai untuk setiap jenis pekerjaan. Sebab, ia memang pada dasarnya hanya untuk melindungi pekerja dari goresan dan luka saja. Bahan yang digunakan pun berpori sehingga menimbulkan suhu mudah dirasakan oleh kulit.

Namun, untuk jenis ini tidak cocok apabila digunakan pada pekerjaan yang membutuhkan suhu tinggi. Biasanya pada agen distributor atau kain ia hanya menerima pembelian skala besar minimal 50 lusin saja untuk beberapa industri.

Tips Merawat Sarung Tangan Kerja

Sarung tangan sebagai alat pelindung diri pun harus dirawat agar bisa digunakan kembali dengan fungsi dan kualitas terjaga. Namun, ini bukan diterapkan untuk jenis sekali pakai, sebab akan berbeda fungsinya. Berikut adalah beberapa tipsnya:

  1. Perhatikan Penyimpanannya

Penyimpanan sebuah sarung tangan perlu dilakukan di tempat yang tepat supaya aman dan terjaga. Setelah dipakai, Anda harus menyediakan tempat khusus untuk menyimpannya supaya tidak tercampur dengan benda lain.

Misalnya saja, dengan meletakkan digantungan secara terpisah dan mudah dicari, apalagi bagi Anda yang pelupa tentu akan menjadi masalah jika membiarkannya tercecer setelah memakai. Ketika sudah menemukannya, belum tentu sarung tangan itu dalam kondisi baik, bahkan bisa jadi bau ataupun sobek.

  1. Rajin Mencuci

Sarung tangan yang dapat digunakan secara berkali-kali ini perlu adanya perawatan  khusus, misalnya saja yang terbuat dari kain, kulit ataupun jenis sintetis. Dengan kata lain, dalam sekali pakai tidak mungkin akan langsung dibuang.

Maka dari itu, setelah memakainya Anda harus segera mencuci dengan sabun atau pembersih khusus bila terbuat dari kulit. Sehingga, sarung tangan akan tetap terjaga  kualitasnya dalam jangka panjang.

  1. Rajin Cek Kondisi

Melakukan pengecekan kondisi sebelum memakainya ini juga sangat penting diperhatikan, sebab apabila terjadi kerusakan akan berpengaruh pada kualitas kerja Anda. Terutama, bagi pekerjaan yang memerlukan tingkat keamanan tinggi.

Maka, Anda tidak bisa menggunakan sarung tangan yang sudah rusak atau bahkan sobek. Namun ketika mencucinya perlu berhati-hati, bahkan jika perlu hanya dibersihkan menggunakan air bertekanan tinggi supaya tidak mudah sobek / rusak.

Bermacam sarung tangan tersebut sebenarnya sangat mudah ditemui apabila ingin membelinya. Bahkan, beberapa penjual telah memproduksi ribuan dan kebanyakan kirim ke luar pulau yang sering Kalimantan dan Sulawesi.

Nah, itulah beberapa hal terkait sarung tangan kerja berat beserta cara memilih dan tips merawatnya  supaya terjaga kualitasnya. Memang, pelindung diri satu ini sangat mudah ditemui, hanya saja bagaimana Anda menentukan kualitas dan menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada.

Bagikan informasi tentang Bahan, Tips dan Cara Memilih Sarung Tangan Kerja Berat kepada teman atau kerabat Anda.

Bahan, Tips dan Cara Memilih Sarung Tangan Kerja Berat | Grosir Sarung Tangan

Belum ada komentar untuk Bahan, Tips dan Cara Memilih Sarung Tangan Kerja Berat

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Best Seller
QUICK ORDER
Jual Grosir Sarung Tangan Kerja Merk Matahari

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Jual Grosir Sarung Tangan Kerja *Mulai Rp 26.000
Ready Stock
Best Seller
QUICK ORDER
Pusat Grosir Sarung Tangan Kerja Bangunan Murah Merk Kuda

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Jual Grosir Sarung Tangan Kerja *Mulai Rp 17.000
Ready Stock
Limited Edition
QUICK ORDER
Promo Grosir Sarung Tangan Murah Merk Bulldozer

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Promo Grosir Sarung Tangan Murah Merk Buldozer *Mulai Rp 14.350
Ready Stock
SIDEBAR