Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu, Minggu & Hari Besar Tutup
Selamat Datang di Website Toko Online Kami Grosir Sarung Tangan Online Termurah & Terpercaya Selamat Datang di Website Toko Online Kami Grosir Sarung Tangan Online Termurah & Terpercaya Selamat Datang di Website Toko Online Kami Grosir Sarung Tangan Online Termurah & Terpercaya Selamat Datang di Website Toko Online Kami Grosir Sarung Tangan Online Termurah & Terpercaya Selamat Datang di Website Toko Online Kami Grosir Sarung Tangan Online Termurah & Terpercaya
Beranda » Berita Terbaru » Menjamurnya Pabrik Sarung Tangan Membuat Kompetisi yang Cukup Ketat

Menjamurnya Pabrik Sarung Tangan Membuat Kompetisi yang Cukup Ketat

Diposting pada 22 February 2020 oleh admin | Dilihat: 134 kali

Perkembangan pabrik sarung tangan di Indonesia sudah semakin pesat. Bertambahnya pesaing melahirkan kompetisi yang ketat pula. Hal ini menuntut perusahaan bertahan dengan memperluas pasar dan memunculkan inovasi-inovasi terbarunya.

pabrik sarung tangan

pabrik sarung tangan

Mengapa Permintaan Sarung Tangan Meningkat?

Seiring berkembangnya permintaan yang besar terhadap kebutuhan sarung tangan, banyak pula pabrik baru mulai bermunculan. Lantas, apakah alasan pekerja menggunakannya:

  1. Meningkatnya Kesadaran Masyarakat

Di zaman sekarang, kesadaran masyarakat akan kesehatan dan perlindungan tubuhnya semakin tinggi. Hal ini dikarenakan berkembangnya pemikiran akibat penyerapan terhadap informasi online yang rutin.

Namun hal ini cukup bagus, karena masyarakat sendiri telah membangun proteksi sendiri dalam diri, agar melindungi diri baik dari penyakit atau bahaya di tempat kerja yang memiliki potensi melukai tubuh mereka. Ini juga menjadi kabar baik bagi perusahaan penghasil sarung tangan kerja.

  1. Perubahan Aturan Kerja

Adanya perubahan aturan dalam suatu perusahaan yang dilakukan demi menjaga keselamatan pekerjanya, akan membuat minat sarung tangan kerja meningkat. Sehingga, pabrik membuka pemesanan hanya menerima pembelian skala besar minimal 50 lusin saja.

Permintaan melambung, membuat pertumbuhan pabrik sarung tangan kerja bangunan semakin gencar di seluruh Indonesia. Mereka berlomba-lomba menampilkan inovasi-inovasi terbaik untuk dibuat sebagai alat pelindung kerja yang sempurna.

  1. Munculnya UU Tentang APD (Alat Pelindung Diri)

Undang-undang mengatur tentang perlindungan diri para pekerja membuat semua perusahaan ikut merubah aturan panduannya juga. Maka dari itu harapan pemerintah, pabrik untuk sarung tangan di Indonesia meningkatkan inovasi dan kinerjanya.

Karena tidak lama lagi, pabrik tersebut akan kelabakan dengan permintaan di dalam negeri maupun luar negeri. Sekarang saja, kebanyakan kirim ke luar pulau yang sering Kalimantan dan Sulawesi untuk memenuhi kebutuhan pekerja perusahaan industri di sana.

Bagaimana Cara Pabrik Mempertahankan Pasar?

Dalam menggaet pelanggan, sebuah pabrik penyedia sarung tangan juga harus berfikir keras. Seperti:

  1. Pertahankan Pelayanan

Sebagai pengusaha pabrik, selain memperhatikan pemasaran hasil produksi juga harus tahu apa yang diinginkan konsumennya. Seperti, memberikan pelayanan ramah dan fast respone pasti membuat kepuasan tersendiri bagi para pelanggan setia.

Di sisi lain, memberikan solusi terbaik di kala mengalami kesulitan atau kesalahan pemesanan, juga dapat membuat konsumen menjadi nyaman dalam berbelanja. Jadi, Anda harus mempertahankan pelayanan pabrik yang baik dan ramah serta cepat dalam merespon pertanyaan konsumen.

  1. Membuat Database Konsumen

Setelah konsumen melakukan transaksi sebaiknya buat pendataan khusus, agar saat mereka melakukan pembelian di pabrik lagi. Dengan begitu, hanya tinggal menyebutkan nama saja sudah dapat dengan mudah menemukan profilnya, sehingga konsumen akan merasa dihargai.

Selain itu, ini menampakkan loyalitas pabrik terhadap konsumen sebagai penghargaan karena pernah melakukan pembelian. Jadi tidak ada salahnya menjadikan pembeli raja, karena mereka adalah penentu berhasil tidaknya usaha yang dijalankan sekarang.

  1. Pelayanan Spesial bagi Pelanggan Setia

Bukan hanya loyalitas pada pelanggan pabrik yang pernah membeli saja, bagi pembeli rutin sebaiknya diberikan keuntungan lebih dibandingkan konsumen lain. Karena mereka telah berkontribusi dalam laba besar untuk pabrik.

Seperti pemberian membership di dalamnya, ada beberapa keuntungan seperti diskon untuk semua pembelian, pemesanan lebih cepat direspon dan selalu memperoleh informasi terbaru tentang promo yang diadakan pabrik melalui WhatsApp atau media lainnya.

  1. Membuat Grup Komunitas Online

Pabrik juga dapat mendekatkan diri kepada para konsumen yang sudah mencapai batas pembelian tertentu, dengan cara dimasukkan ke dalam grup WhatsApp. Di situlah promo terbaru dan informasi akan selalu di up date.

Selalu menyapa dengan ramah para konsumen pabrik, ini akan membuat mereka lebih diperhatikan dan terasa nyaman tentunya karena hubungan yang terjalin akan lebih harmonis. Sehingga tidak perlu takut mereka pindah ke lain hati.

pabrik sarung tangan

pabrik sarung tangan

Tips Menghadapi Kompetitor

Apa saja langkah mudah untuk pemilik pabrik, guna menghadapai pesaing bisnis yang sehat?

  1. Menciptakan Produk yang Berinovasi

Sebagai pengusaha pabrik untuk sarung tangan, harus terus membaca peluang dan melihat inovasi seperti apa yang bisa diproduksi, atau dapat menambahkan sesuatu pada produk terdahulu guna disempurnakan kembali.

Buatlah model unik dan berbeda dari yang ada di pasaran. Sehingga produk Anda memiki daya tarik tersendiri bagi pembeli. Distributor sarung tangan merk Buldozer bisa menjadi contoh sebagai bahan pembelajaran karena sarung tangan produksinya memiliki ciri khas dengan kualitas nomor satu.

  1. Mempertahankan Keunggulan Sarung Tangan

Dalam pembuatan produk, tentu yang pabrik utamakan adalah kualitasnya. Karena hal ini menunjukkan konsistensinya dalam menampilkan kejujuran berbisnis, dan menampilkan kesungguhan menciptakan sarung tangan terbaik untuk para konsumen.

Hal ini tentu dapat membuat konsumen semakin mempercayakan kebutuhan akan sarung tangannya kepada pabrik terkait. Seperti halnya agen sarung tangan merk Kuda, mereka selalu menjaga kualitas produk untuk mempertahankan kepuasan pelanggan.

  1. Riset Kompetitor

Mempelajari plus minus kompetitor merupakan hal yang harus dilakukan. Dengan begitu, pemilik pabrik bisa mengetahui kelemahan mereka dan mulai berinovasi untuk menghasilkan jenis sarung tangan terbaik. Tanpa saling menjatuhkan dan kompetisi harus berjalan secara sportif.

Riset ini hanya untuk melihat peluang yang bisa pabrik raih untuk meraup pasar lebih luas. Hal tersebut dapat dipelajari dari grosir sarung tangan merk Matahari, mereka menghadapi kompetitor dengan sportif memproduksi sarung tangan selalu mengedepankan kualitas dan inovasi.

  1. Bersaing Harga

Persaingan harga adalah salah satu strategi pabrik untuk memperluas pasar. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memberi diskon kepada pelanggan yang mengambil dalam jumlah banyak. Bisa juga memberikan potongan harga pada momen-momen tertentu, seperti natal, tahun baru dan lain-lain.

Selain itu, juga memberikan pelayanan spesial bagi pelanggan pabrik yang berulang kali mengambil produk sarung tangan. Seperti, memberikan harga atau potongan khusus untuk setiap pembelian. Bahkan, bisa menjadikan mereka membership sehingga dapat lebih semangat berbelanja.

  1. Mempromosikan Produk

Promosikan produk pabrik sarung tangan sesegera mungkin, baik secara online maupun offline. Buatlah brosur dengan template menarik dan beri diskon agar konsumen tertarik untuk membeli. Selain itu, pemasaran melalui medsos, marketplace atau website juga bisa dilakukan.

Saat sekarang, konsumen kebanyakan lebih tergiur dengan diskon. Maka dari itu, untuk mempromosikan produk pabrik, hal ini bisa menjadi cara terbaik. Namun, jangan sampai mengurangi kualitasnya agar pasar yang ditargetkan sesuai dengan planning.

Apa saja Kompetisi Pabrik yang Tidak Sehat

Tidak selamanya kompetitor yang pabrik dihadapi biasa-biasa saja. Terkadang, adakalanya terhimpit ketatnya kompetisi tidak sehat. Kenali dulu ciri-ciri “toxic competition” menjatuhkan satu sama lain.

  1. Menggunakan Merk Dagang

Untuk meraih kesuksesan, terkadang suatu perusahaan menghalalkan segala cara. Pabrik penghasil sarung tangan yang permintaannya semakin banyak, bisa saja menimbulkan persaingan tidak sehat. Seperti menggunakan merk dagang lain sebagai miliknya.

Kemudian mengganti produk sebelumnya dengan miliknya, hal itu sudah melanggar hak merk dagang. Bahkan bisa dipidanakan, karena penggunaan tanpa izin yang jelas. Di sisi lain, juga dapat menurunkan kepercayaan konsumen terhadap pabrik terkait.

  1. Menjatuhkan Harga Pasar

Membuka harga produk serendah-rendahnya hingga mengorbankan diri sendiri demi kesuksesan selanjutnya merupakan hal yang kurang sehat. Karena dapat menjatuhkan jalannya pabrik serupa lainnya hingga gulung tikar.

Sebaiknya disesuaikan saja dengan lainnya dan harus paham batas terendah penentuan harga setiap produk. Seperti sarung tangan merk Tiger, sudah memiliki penyuplai yang banyak namun semuanya menggunakan cara sportif.

  1. Menurunkan Kualitas

Ada beberapa kasus, suatu merk pabrik yang beberapa kali sukses dalam penjualannya namun suatu saat mengganti produknya dengan kualitas lebih rendah. Sehingga, banyak pelanggan sangat kecewa dan tidak kembali lagi.

Strategi ini dilakukan semata-mata untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Hal ini secara tidak langsung menjauhkan pasar yang tadinya sangat luas setelah terjadi, konsumenpun berpindah hati ke merk lain.

Demikian pembahasan singkat tentang menjamurnya pabrik sarung tangan di Indonesia. Dengan informasi di atas, Anda dapat mengetahui potensi besar usaha di bidang ini, jika bingung ingin berbisnis apa sepertinya solusinya sudah ditemukan.

Bagikan informasi tentang Menjamurnya Pabrik Sarung Tangan Membuat Kompetisi yang Cukup Ketat kepada teman atau kerabat Anda.

Menjamurnya Pabrik Sarung Tangan Membuat Kompetisi yang Cukup Ketat | Grosir Sarung Tangan

Belum ada komentar untuk Menjamurnya Pabrik Sarung Tangan Membuat Kompetisi yang Cukup Ketat

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Popular!
QUICK ORDER
Jual Grosir Sarung Tangan Kerja Proyek Merk Cabe

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Grosir Sarung Tangan Kerja Bangunan Murah *Mulai Rp 15.000
Ready Stock
Best Seller
OFF 15%
QUICK ORDER
Jual Grosir Sarung Tangan Murah – Sarung Tangan Kerja Merk Kuda

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Grosir Sarung Tangan *Mulai Rp 17.000
Ready Stock
Best Seller
QUICK ORDER
Jual Grosir Sarung Tangan Kerja Merk Matahari

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Jual Grosir Sarung Tangan Kerja *Mulai Rp 26.000
Ready Stock
SIDEBAR